industrial and university cooperation’s!

Belumlah resmi sang professor tercinta kembali ke lab per agustus 2010, setelah beliau resmi mengundurkan diri sebagai Vice President KAIST, Professor skrg rajin sekali mengadakan “special seminar” khusus menghadirkan para expert untuk diskusi bersama dengan seluruh lab member. Yah, sungguh kesempatan langka bisa bertemu beberapa expert yang sejak awal membangun teknologi PLTN di korea termasuk mendesign keselamatannya. Ibarat kata langsung dari saksi sejarah yg meretas industri nuklir di korea hingga sukses seperti sekarang.

Selain itu, sekarang bertambah pula proyek baru, yang diberikan industri ke lab, yah kerjaanpun semakin menumpuk, Prof bilang ke saya kalo “penting membangun koneksi dengan industri” dia ingin kami semua adalah orang yang memiliki dasar pengetahun nuklir yang kuat sekaligus memiliki sense industrial yang kuat, sehingga menjadi orang yang memiliki integritas sekaligus kreativitas.

Buat saya, keduanya sungguh kesempatan yang tiada terhingga manfaatnya. Saya bisa berdiskusi dan bahkan menganalisis riset gap yang ada bersama para expert itu. Yah Prof benar2 ingin kami semua melakukan QUANTUM LEAP dan menjadi yang terdepan!

Sungguh saya rasa kalau saja universitas2 di Indonesia juga melakukan hal yang sama, tentu para “pejabat kampus” tidak hanya akan sibuk menaikkan SPP dan DPKP tetapi justru memberikan peluang kepada siswanya untuk bisa lebih maju dan memiliki peluang yang lebih banyak dengan mengenal dunia industri sejak dini.

DiLab saya sekarang kami memiliki beberapa meeting dalam seminggu, meeting khusus untuk urusan lab, meeting presentasi riset di depan prof, meeting bertemu dengan para expert2, meeting and meeting sekarang tambahan siklus kami sehari-hari…

Saya percaya dengan ini semua akan menjadikan saya lebih baik, oleh karena itu tentu saya harus mulai belajar mengakselerasikan diri dan tidak terjebak pada pola lama yang kerap menunda pekerjaan dan tidak memanage waktu dengan baik. Saya harus sadar bahwa waktu itu berputar cepat dan tidak bisa kembaliiii, so saya tidak bs do nothing but i have to do something and its should be fast and correct!!

Bekerja menjadi bagian dari proyek di Industri benar2 menguras energi dan perhitungannya adalah bisnis meraka, dan seluruh agreement yang dibuat prof statusnya adalah mereka memberikan proyeknya ke lab, bukan co-worker, jadi kami benar2 harus mencari seluruh ide untuk permintaan para industri tersebut. Prof bilang “thinking and thingking, try and try” terhadap permasalahan proyek kami.We just say OK prof, walaupun kami dihati pengen nangis the solutions still long way to goo…Oh no……what a heavy duty from industrial and university cooperation’s!

But wait, thats not only heavy work, its also “challenging”, yah MENANTANG!!so saya bilang ke diri saya sendiri…”AYO AYO AI, Berfikir out of the BOX, Temukan IDE Itu!!” I am happy, sekarang mencoba untuk memeras otak bekerja maksimal, dengan waktu yang sudah ditentukan, Yang penting saya harus semangattt, Harus!!”SAYA HARUS BISA…YEAAAHHHHH…….

“What is important is to keep learning, to enjoy challenge, and to tolerate ambiguity. In the end there are no certain answers”

“Never give in.. never, never, never, never, in nothing great or small, large or petty, never give in except to convictions of honour and good sense”

Advertisements

Leave a comment

Filed under KAIST Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s